Cara Setting OneDrive Tanpa Download Ulang File

1 min read

OneDrive merupakan layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive. Kali ini kami akan mengulas cara setting OneDrive tanpa perlu download ulang file ketika ganti laptop atau hardisk.

Dengan menyimpan data di OneDrive, kita dapat mengakses data tersebut dari mana saja, bahkan mengedit file word atau excel menggunakan browser sangat mungkin dilakukan dengan Microsoft Office versi web.

Saya sendiri telah 10 tahun lebih menggunakan OneDrive, dulu namanya masih SkyDrive. Salah satu alasan saya menggunakan OneDrive adalah untuk memastikan data saya aman ketika laptop saya rusak, bahkan hilang.

Apabila Anda belum memiliki akun OneDrive, silakan buat terlebih dahulu melalui link berikut :

BUAT AKUN ONEDRIVE

Pada artikel kali ini kami akan mengulas cara setting OneDrive tanpa harus download ulang semua file ketika kita pindah laptop atau ganti hardisk. Andai saja file kita yang tersimpan di OneDrive sebesar 10 GB, tentu akan memakan waktu lama apabila harus mendownload semua. Sebagai catatan, prosedur ini dapat dilakukan ketika opsi File on Demand dinonaktifkan, yang artinya file tersimpan di device.

Prosedur berikut juga dapat dilakukan apabila Anda bermaksud memindahkan folder OneDrive yang semua di drive C ke drive lain, misal dari C ke D.

Adapun langkah-langkah setting folder OneDrive tanpa download ulang file adalah sebagai berikut:

Langkah pertama adalah cek dimana lokasi folder OneDrive, klik kanan icon OneDrive di taskbar, pilih setting, pilih choose folder.

Cara Setting OneDrive

Langkah kedua adalah Anda perlu unlink PC dengan user OneDrive.

Cara Setting OneDrive

Langkah ketiga, pindahkan folder OneDrive ke lokasi yang telah Anda tentukan, misal di D.

Langkah keempat, buka software OneDrive dan login kembali dengan akun yang sebelumnya telah di-unlink tadi. Ketika setting folder OneDrive, arahkan ke lokasi baru yang telah ditentukan. Pastikan opsi File on Demand dinonaktifkan, yang artinya file akan tersimpan di device.

OneDrive akan membaca semua file di folder, apabila disitu sudah ada filenya, maka OneDrive tidak akan mendownload dari server.

Selamat mencoba.

Image : rawpixel.com

Leave a Reply

x