Contoh Surat Permohonan Ijin

Format Permohonan Ijin Tidak Masuk Bekerja

Posted on

Jakarta sebagai kota metropolis sekarang ini sudah tidak bisa lagi dibandingkan antara waktu tempuh dengan jarak tempuh. Perjalanan yang hanya 10 Km mungkin bisa dicapai dalam waktu 8 menit sampai 30 menit, tergantung pada keadaan cuaca, waktu, Jenis kendaraan dan keadaan jalan.

Contohnya jarak yang saya tempuh dari rumah di Cipayung Jakarta Timur untuk sampai ke kantor di Rawamangun adalah 18 Km. Jika saya berangkat pukul 06.10 WIB, dengan mengendarai motor, waktu tempuh bisa 25-30 menit, akan tetapi jika saya berangkat pukul  06.20 WIB dengan kendaraan yang sama, maka waktu tempuh rata-rata menjadi 50-65 menit, kalau berangkat lebih siang malah bisa sampai 90 menit.. Lihat saja betapa tidak bisa diprediksikannya waktu yang harus ditempuh hanya untuk sampai ke kantor yang berjarak 18 Km.

Banyak alasan yang bisa saja membuat kita terpaksa absen siang atau tidak hadir karena sakit yang mendera akibat badan yang kurang fit. Beberapa kali saya datang terlambat karena alasan teknis kepadatan lalu lintas, sehingga harus membuat surat pernyataan terlambat datang kepada atasan saya. berikut ini saya ingin berbagi contoh format surat permohonan terlambat datang dan contoh format Surat Permohonan Ijin tidak masuk kantor.

Mungkin banyak diantara kita yang masih kesulitan dalam menentukan bagaimana membuat surat pernyataan ketidakhadiran ataupun keterlambatan. Padahal dengan membuat surat pernyataan maka, kita sedang menunjukkan bahwa kita adalah pegawai yang bertanggung jawab.

Masih bingung dengan pernyataan yang harus di buat? Apakah harus membuat surat pemberitahuan atau surat permohonan.. Pada dasarnya perbedaan antara surat pemberitahuan dan surat permohonan adalah dalam  surat permohonan menyatakan kejadian yang sudah terjadi, sedangkan surat permohonan ditujukan untuk suatu rencana/akan terjadi.

Contoh Surat Permohonan Ijin

Surat Pemberitahuan keterlambatan harus berisi alasan yang logis dan menggunakan bahasa santun yang mudah diterima. Jangan takut menyampaikan alasan dengan sejujur-jujurnya, karena atasan kita biasanya akan lebih menghargai kejujuran dan kepolosan kita dalam menyampaikan alasan. Yang terpenting kita sudah menunjukkan bahwa kita punya i’tikat baik untuk mengakuinya.

Sedangkan dalam pembuatan surat permohonan ijin tidak masuk bekerja kita cukup menyampaikan alasan secara umum, untuk alasan detail halangan ketidakhadiran kita bisa menyampaikan secara lisan.

Contoh Form Surat bisa didownload di :

1. Contoh Format Surat Permohonan Ijin

2. Contoh Surat Pemberitahuan Keterlambatan

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply