panduan membuat curriculum vitae

Panduan Membuat Curriculum Vitae

Posted on

Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen berisi data diri, riwayat pendidikan dan pekerjaan seseorang yang biasanya digunakan untuk melamar suatu pekerjaan yang diminati atau digunakan oleh seorang pembicara/pengisi materi dalam suatu acara yang pertama kali diikuti.

Saat setingkat SMU dulu, mungkin sebagian sobat kantorkita masih ingat pernah dapet tugas sekolah membuat CV atau biodata sebagai latihan untuk melamar pekerjaan. Tapi suatu saat saya mencoba mencari filenya seperti ditelan bumi. Bagaimana dengan sobat kantorkita, mudah-mudahan tidak bernasib sama seperti saya ya.

Sekarang saya akan coba memberi panduan hal-hal apa saja yang perlu disampaikan dalam sebuah Curiculum Vitae sebagai acuan sobat kantorkita yang sedang membutuhkan untuk membuat surat lamaran pekerjaan di Perusahaan/Instansi yang sedang membuka suatu lowongan di bidang yang sobat kuasai dengan salary yang menarik atau karir yang lebih menjanjikan. Simak ya sob..

Sebuah Curicullum Vitae yang dibuat oleh seorang pencari kerja biasanya mendeskripsikan kemampuan dan latar belakang penulis yang tujuannya untuk meyakinkan Instansi/Perusahaan yang dituju bahwa dirinya siap dan layak menjadi bagian Perusahaan yang diinginkan.

curriculum vitae untuk lamaran pekerjaan

Data yang dimasukkan dalam CV harus merupakan data valid yang bisa dipertanggungjawabkan, siapa yang tahu jika ternyata salah seorang penguji data adalah satu almamater dengan data yang kita sampaikan. Selain itu, masukkan data-data penghargaan yang pernah kita dapatkan, bukti seminar dan sertifikat pendidikan nonformal untuk menguatkan karakater diri sebagai seorang yang pembelajar.

Jika aplikasi formulir disediakan dan harus diisi di tempat, maka gunakan pulen dengan tinta hitam dan jangan mencoret jika terjadi kesalahan tulis, sebaiknya kita mengganti dengan formulir yang baru dan berhati-hati untuk hindari kesalahan menulis.

Karena pesan pertama sangat penting, foto yang dilampirkan di CV sebaiknya menggunakan pakaian resmi, rambut ditata rapi, posisi tegak dan dengan latar belakang satu warna. Jangan menggunakan picture profil facebook anda untuk dilampirkan dalam surat lamaran anda, kecuali ada permintaan khusus dari pihak manajemen atau untuk menampilkan biodata anda dalam slide presentasi.

Sesuaikan data yang sobat informasikan dengan persyaratan dan bidang yang diinginkan, jangan bertele-tele dalam membuat deskripsi sehingga membuat jenuh. Tidak perlu memasukkan pekerjaan orang tua yang misalnya adalah seorang Jenderal atau petinggi di sebuah perusahaan. Cukup sobat kantorkitalah yang menjadi objek utama dalam Curricullum Vitae tersebut.

Untuk filenya bisa download contoh cv di sini, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply